Google Peringatan Pengguna Web Tentang Tombol Download Palsu

Google Peringatan Pengguna Web Tentang Tombol Download Palsu

Google sudah mulai memberitahukan semua pengguna web ketika mereka menemukan situs  yang menipu, maksudnya mereka mencoba untuk mengelabui kamu dengan iklan menyesatkan, seperti tombol download palsu, dll,

Sekarang, ketika Google Chrome dapat mendeteksi konten yang mencurigakan seperti iklan yang menyamar sebagai tombol download, Google akan memperingatkan pengguna di halaman depan dengan tulisan “Deciptive Site Ahead”.

Yang lebih jelasnya kamu akan menenemukan gambar seperti diatas jika kamu salah mengklik tombol download palsu itu, ini merupakan bahaya bagi pendownload maniak, dan perlu kita ketahui juga, bahwa bisa jadi software yang diiklankan tersebut berisi virus maupun spyware yang bisa membuat komputer crash atau lag, dan bisa juga digunakan untuk memata-matai komputer kita.

Jika sebelumnya browser Chrome bisa mendeteksi PUP atau Potentially Unwanted Programs, kini Tim Google Safe Browsing kini menambahkan fitur sebuah baru. Fitur baru ini membuat Chrome bisa mendeteksi iklan-iklan yang menyesatkan seperti adanya instal dan update software, dan juga tombol download, play, dan close palsu.

Jadi pesan yang dapat kita ambil dari berita ini adalah, jangan klik tombol download sembarangan, periksalah terlebih dahulu iklan itu berupa ads atau tidak, jika kalian belum bisa membedakannya, kalian bisa tanya ke teman terdekat kalian yang mengerti dengan komputer dan isinya.

Via The Verge Dan WinPoin

Related Posts

Adif Hermawan

Hanya seorang newbie :) YouTube.com/AdhiefHermawan

  • Ane nggak pernah dapet pesan kaya begituan mas,,, mungkin karena saya pake adblock… :3

    • Admin

      tetep hati hati mas kalau download, jangan asal klik download 🙂