Google Melarang Penggunaan Iklan Flash Di Display Network Miliknya

Google Melarang Penggunaan Iklan Flash Di Display Network Miliknya

Hari ini Google mengumumkan rencananya untuk jaringan display miliknya untuk menghentikan penggunakan Flash dan menggantikannya dengan HTML5. Ini berarti bahwa para pengguna internet tidak akan lagi melihat iklan dalam bentuk flash.

Dan ada laporan lagi dari Google bahwa pada tanggal 30 Juni tahun ini, Google AdWords yang banyak digunakan dalam layanan iklan (DoubleClick) tidak akan mengizinkan lagi para pengiklan untuk mengupload iklan yang dibuat dengan Flash.

Pada tanggal 2 Januari tahun depan, iklan Flash sudah tidak akan muncul lagi di DoubleClick atau Google Display Network lainnya.

Google sekarang perlahan-lahan sudah bergeser untuk menggunakan HTML5 dalam beberapa tahun terakhir, dan mengadopsinya sebagai format default di YouTube, dan membuatnya lebih mudah bagi pembuat iklan untuk beralih kampanye mereka dari Flash ke format yang lebih baru.

Penghapus Flash ini diakibatkan oleh alasan performa, website yang menggunakan flash akan terasa lebih berat dibandingkan dengan menggunakan HTML5, selain alasan peforma, juga bertujuan untuk meningkatkan keamanan.

Adobe sendiri sudah mengumunkan bahwa flash telah mati sejak tahun 2011 lalu, yang saat itu mereka menarik support penggunaan flash player di perangkat mobile.

Meski demikian, keberadaan Flash masih tetap akan digunakan dalam beberapa tahun ini, hingga semua pengguna internet tidak membuat lagi iklan atau website-website yang menggunakan flash.

Semoga tahun depan para pengiklan yang menggunakan flash akan segera bertaubat setelah google mengumumkan berita ini dan beralih menggunakan HTML5.

Via The Verge

Related Posts

Adif Hermawan

Hanya seorang newbie :) YouTube.com/AdhiefHermawan